Bisnis  

Momen Nataru 2026, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Sampai sekarang Rp25 Triliun


Jakarta, CNN Indonesia

Bank Mandiri menjaga kelancaran transaksi keuangan masyarakat pada momentum periode Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru) dengan menyiapkan kebutuhan uang tunai secara net sebesar Rp25 triliun. Angka ini meningkat 5,8 persen dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Sebagian uang tunai itu Nanti akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan harian di sekitar 12.958 Mandiri ATM/CRM yang mencapai sekitar Rp2 triliun, dialokasikan untuk 33 hari sejak 1 Desember 2025 Sampai sekarang 2 Januari 2026.

Corporate Secretary Bank Mandiri, Adhika Vista menyampaikan, peningkatan alokasi ini menjadi bagian dari sinergi dan akselerasi layanan keuangan guna memastikan seluruh jaringan perbankan siap Menyediakan masyarakat selama periode puncak transaksi akhir tahun.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2026 Nanti akan mengalami peningkatan. Karena itu, kami Mengoptimalkan sinergi antara jaringan cabang dan layanan digital untuk menjaga ketersediaan uang tunai serta menghadirkan layanan transaksi yang lancar dan Berkualitas,” ujar Adhika pada Selasa (9/12).

Tak sampai di sana, Bank Mandiri Bahkan mengantisipasi lonjakan transaksi di jaringan ATM dan EDC. Di waktu ini, Bank Mandiri mengoperasikan 12.958 unit ATM/CRM yang terhubung ke jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia, dan 290 CSM.



Andhika menambahkan, Bank Mandiri memproyeksikan puncak kebutuhan pengisian uang tunai ATM Nanti akan terjadi H-1 sebelum Hari Raya Natal dan H-1 sebelum Tahun Baru 2026.

“Transaksi pada mesin EDC termasuk transaksi QRIS Bahkan kami perkirakan meningkat seiring pembagian THR dan peningkatan konsumsi masyarakat menjelang Natal. Untuk itu, kami Pernah terjadi menyiapkan lebih dari 307.000 jaringan EDC guna Membantu transaksi non-tunai,” tuturnya.

Sementara, sebagai upaya akselerasi transaksi digital, Bank Mandiri Bahkan menyebarkan uang elektronik e-money sebanyak 956.250 kartu ke seluruh Indonesia.

Selain layanan fisik, Bank Mandiri memastikan kesiapan penuh ekosistem digital banking seperti melalui aplikasi Livin’ by Mandiri, Kopra by Mandiri, SMS Banking, dan Call Center 14000 yang memudahkan nasabah bertransaksi perbankan dari mana saja dan kapanpun.

Ada pula fitur Livin’ Sukha yang dapat digunakan nasabah untuk melakukan berbagai transaksi seperti pembelian tiket pesawat, tiket kereta api, Pertunjukan Musik, voucher gim, Sampai sekarang pengajuan kredit dengan mudah.

“Transformasi ini menjadi bukti nyata komitmen dan sinergi berkelanjutan Bank Mandiri untuk Menyediakan solusi finansial yang Ekonomis, mudah, dan Berkualitas bagi seluruh masyarakat,” ujar Adhika.

Layanan Call Center 14000 dan Live Chat MITA di akun resmi WhatsApp (+62 811-84-14000) Bahkan ditegaskan Nanti akan tetap disiagakan untuk menjawab berbagai Membantu nasabah selama periode Nataru 2026.

Menjelang periode Nataru 2026, Bank Mandiri mengingatkan nasabah untuk tetap menjaga kerahasian data pribadi dalam melakukan transaksi digital banking, khususnya dengan tidak Menyediakan data rahasia kepada pihak manapun yang mengatasnamakan Bank Mandiri.

Bank Mandiri menyatakan tidak pernah meminta kerahasiaan data nasabah, termasuk nomor kartu, OTP, CVV, CVC, dan lainnya. Nasabah Bahkan diimbau untuk tetap Damai dan tidak mudah terpancing untuk mengklik atau mengunduh file berformat APK.

(rea/rir)


[Gambas:Video CNN]

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA