Cetar, Produksi Suzuki Fronx Tembus 500 Ribu Unit di Dunia


Jakarta, CNN Indonesia

Maruti Suzuki mencatatkan angka produksi Fronx sebanyak 500 ribu unit. Angka tersebut merupakan jumlah kumulatif sejak model itu resmi meluncur pada 2023.

Bagi Suzuki, pencapaian ini sekaligus menegaskan bila Fronx berhasil menjadi salah satu model dengan pertumbuhan penjualan tercepat dari merek Jepang itu, demikian mengutip Indianautosblog, Kamis (21/8).

Menurut Maruti, Fronx menjadi Kendaraan Pribadi dengan perkembangan tercepat di India yang menembus penjualan 100 ribu unit hanya dalam waktu 10 bulan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sementara itu, selama Februari 2025, penjualannya bahkan mencatat Catatan Unggul bulanan tertinggi, yaitu lebih dari 21.400 unit.

Digemari di global

Compact SUV lima penumpang ini Bahkan menorehkan prestasi.

Misalnya menjadi Kendaraan Pribadi Suzuki buatan India pertama yang diekspor ke Jepang, serta mendapat permintaan tinggi di Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika. Bahkan, Fronx tercatat sebagai Kendaraan Pribadi penumpang dengan Produk Ekspor terbanyak pada tahun fiskal 2024-2025, sekaligus masuk jajaran 10 Kendaraan Pribadi Terpopuler di India pada periode yang sama.

Cerita Berhasil Fronx Bahkan terjadi di Indonesia usai dirilis kali pertama pada Mei 2025. Model ini langsung tancap gas dengan mengungguli Sebanyaknya rivalnya yaitu Toyota Raize, Honda WR-V, Sampai saat ini Daihatsu Rocky.

Bahkan model ini Pernah terjadi berhasil menjadi salah satu tulang punggung penjualan Suzuki di Indonesia.

Dalam keterangan tertulisnya, Suzuki menyebut memasuki paruh kedua atau Juli 2025, Fronx Berhasil menjadi bintang baru yang memicu lonjakan penjualan di pasar otomotif nasional. Hanya tiga bulan sejak peluncurannya, SUV bergaya coupe ini langsung membuktikan dominasi.

Kinerja Fronx menyumbang 28 persen dari total penjualan ritel Suzuki dan menguasai segmen Kendaraan Pribadi penumpang dengan porsi 47 persen. Hal ini menunjukkan bahwa model itu tidak hanya sekadar produk baru, tetapi Bahkan salah satu pilar utama dalam strategi penjualan Suzuki di Indonesia.

Terlebih lagi 89 persen dari unit yang terjual merupakan varian hybrid. Kemudian dalam waktu singkat, Fronx keluar menjadi Kendaraan Bermotor Roda Dua utama penjualan keseluruhan hybrid Suzuki, memimpin dengan porsi 62 persen.

“Pencapaian penjualan ritel Suzuki Juli lalu Merupakan bukti nyata dari strategi produk kami yang tepat sasaran dan keberanian dalam menghadirkan inovasi,” ujar Randy R. Murdoko, Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dalam keterangan tertulis, dikutip Selasa (19/8).

(ryh/mik)


Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA