Menko Polhukam Ikut Bantah Sewa 1.000 Kendaraan Pribadi untuk Upacara di IKN


Jakarta, CNN Indonesia

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto membantah klaim pengusaha sewa kendaraan yang menyebut pemerintah menyewa 1.000 Kendaraan Pribadi untuk upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hadi menyebut mayoritas para undangan Berniat menggunakan Kendaraan Bus untuk hadir dalam upacara.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Enggak [sewa 1.000 kendaraan]. Hari Ini diterjemahkan sendiri bahwa masuk ke sini disediakan shuttle Kendaraan Bus. Tidak ada tempat parkir kendaraan pribadi,” kata Hadi di kawasan IKN, Kaltim, Rabu (7/8).

Hadi menyebut akses transportasi ke IKN Pada saat ini Bahkan masih berproses. Meskipun demikian demikian, ia memastikan bakal Sebelumnya siap saat puncak perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2024.

Adapun estimasi waktu tempuh Balikpapan via Samarinda ke IKN Disebut juga 2,5 jam. Nantinya, Balikpapan-Pulobalang-IKN bisa ditempuh 1,5 jam.

Karena itu, pemerintah memilih menggunakan Kendaraan Bus Supaya bisa tidak terjadi penumpukan di jalan Ke arah Istana Negara.

“Biar tidak terjadi kemacetan,” ujarnya.

Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama sebelumnya menjelaskan jumlah Kendaraan Bus yang disewa pemerintah sebanyak 200 unit. Kendaraan itu Sebelumnya meliputi transportasi bagi seluruh undangan dan pasukan upacara.

Selain Kendaraan Bus, memang masih ada Kendaraan Pribadi yang Berniat masuk ke sekitar Tempat upacara untuk operasional dan logistik. Meskipun demikian demikian, jumlahnya Bahkan terbatas.

Adapun isu Istana yang disebut memesan 1.000 unit Kendaraan Pribadi untuk upacara IKN itu pertama kali diungkap Ketua Dewan Pimpinan Daerah (Dewan Perwakilan Daerah) Asperda Kaltim Damun Kiswanto.

Ia Bahkan membenarkan harga sewa Kendaraan Pribadi naik karena permintaan besar mendadak. Harga sewa naik lebih dari dua kali lipat.

Harga sewa Toyota Fortuner misalnya, tembus Rp5 juta per hari dengan harga normal Rp2,5 juta per hari. Sedangkan Hiace dari tembus Rp15 juta per hari, dengan harga normal Rp3,5 juta per hari.

(khr/tsa)

Sumber Refrensi Berita: CNNINDONESIA